-->

Iklan Billboard 970x250

5 Permainan Anak 90,an Saat Bulan Puasa Dan Hari Lebaran

5 Permainan Anak 90,an Saat Bulan Puasa Dan Hari Lebaran



Anda yang pernah mengalami era 90,an tentunya pasti tahu akan sebuah permainan diawal atau akhir bulan puasa. Yaa memang sangat berbeda dengan era sekarang yang serbah canggih. Dan kalau boleh saya tahu yang merasa anak 90,an sebenarnya kangen nggak sama permainan yang sudah tertera diatas dan dibawah ini.? Atau mungkin anda sudah lupa, Atau pura-pura lupa..? ????


Ok kalau begitu. Disini saya bukan ingin menanya lupa atau tidaknya dengan sebuah permainan jadul era 90,an. Tetapi sekedar ingin mengulas tentang permainan jadul anak 90,an kala menunggu saat berbuka puasa. Kalau anak sekarang bilang katanya Ngabuburit.? ??

Sebenarnya apa bedanya sih permainan era 90,an dan sekarang, Kala menunggu waktu berbuka puasa. Yaa sudah barang tentu sangat berbeda. Meski ada beberapa yang masih kerap dipermainkan diera sekarang.

Lalu apa saja permainannya berikut ulasan dibawah ini.

1. PETASAN & KEMBANG API


Ilustrasi By : Poskota

Yaa dari gambar pertama adalah Petasan dan kembang api. Meski boleh dikatakan era sekarang sudah agak berkurang, Bahkan petasan pun kerap sudah dilarang untuk sekarang ini. Karena resikonya yang agak sangat berbahaya. Saya pun setuju petasan mulai dilarang.

Meski terkadang era 90,an tidak afdol jika bulan puasa dan hari lebaran tidak ada yang namanya petasan atau kembang api. Yaa karna mungkin dahulu kendaraan atau penduduk tidak separah seperti sekarang ini. Bisa juga lahan tanah lapang yang kian menyempit.


2. LODONG BAMBU


Ilustrasi By : Kelana97

Naah yang kedua adalah meriam bambu atau Lodong. Haayoo ada yang tahu nggak seperti apa lodong itu.? ???? Sudah tahu atau pura-pura tidak tahu.? ????????

Terbuat dari bambu ukuran besar. Ditambah karbit dan air untuk bahan ledaknya atau mesiunya. Hal hasil bunyinya pun setara dengan meriam, Namun cara penggunaan nya tidak berbahaya seperti petasan.

Selain dari bambu lodong juga bisa dibuat dari botol parfum pria yang berjenis kaleng. Seperti botol parfum Axe atau Casablanca dan sejenisnya. Tekniknya pun sama seperti bambu selalu diberi lubang sulut dibawahnya. Dan biasanya lodong dari botol parfum itu mempunyai daya ledak bising menggelegar yang begitu kuat.

Kenapa bisa begitu. Karena saya pernah mencoba membuatnya, Dan hal hasil saya langsung dihujat para tetangga dengan berbagai makian serta cacian..???? Karena suaranya yang bikin orang kaget setengah mati...Yaa sebelas dua belas mungkin dengan petasan. Dan era sekarang permainan ini juga sudah sedikit langkah. Meski pun ada hanya di kampung-kampung saja.


3. BLETOKAN BAMBU


Ilustrasi By : Permainan Tradisional

Yang ketiga ada Pletokan atau Bletokan kalau orang depok bilang mah.?? Terbuat dari batang bambu baik sedang maupun kecil. Dan bahan pelurunya terbuat dari kertas koran basah atau buah jeroaks. Buah yang seperti lencah berwarna hijau, biasanya buah ini tumbuhnya di pinggiran got atau sungai dan kali. Meski sekarang agak jarang dan susah untuk mendapatkan buah jeroaks tersebut. Jadi koran basah atau kertas mungkin sebagai gantinya.

Teknik menggunakannya adalah kita sumpal kertas basah kedalam lubang bambu depan dan belakang atau atas bawah. Lalu kita sodok dengan bambu yang sudah diraut sesuai ukuran lubang bambu Bletokan tersebut. Dan bunyinya pun Pleeetookk!!!...Bahkan bisa lebih dari itu.????

Permainan ini tidak terlalu berbahaya. Meski mempunyai suara ledak yang cukup besar. Tetapi bila mengenai kulit cuma sedikit panas saja. Dan jika anda mau berkreasi Bletokan ini bisa dibuat sesuai model yang anda sukai. Seperti berbentuk pistol atau senjata laras panjang. Dab permainan ini kerap dilakukan dari siang hingga waktu berbuka puasa tiba.


4. KOMIK PETRUK GARENG


Naahh! gambar keempat adalah komik Petruk dan gareng karya Tatang.S, yang pernah mengalami tentu tahu doong!!.. Yaa di era 90,an komik ini biasanya laris manis dari awal puasa pertama hingga pertengahan puasa. Dan bagi yang tidak punya menyewanya di penyewaan buku komik dan novel.

Bukan komik Petruk dan gareng saja yang laku disewa menjelang bulan puasa. Novel lainnya pun juga laku keras. Bahkan ada pula yang buka penyewaan komik dadakan menjelang bulan puasa. Intinya mengais rezeki jelang puasa. Mungkin kalau sekarang sudah pasti tidak laku lagi karena sudah beda zaman mungkin.????


5. GAMEBOTS


Dan yang terakhir atau ke 5 adalah Gamebots, Mungkin kalau zaman sekarang PS atau Game Online serta sejenisnya.

Meski terkesan jadul tetapi era 90,an Gamebots sangat menjadi idola. Saya pun kerap membelinya. Dan selama awal puasa bahkan sampai lebaran banyak para pedagang Gamebots dadakan demi mengais rezeki dibulan puasa. Ada pula penyewaan Gamebots yang menyewakan dirumah. Jadi kita bisa mendatanginya dan main ditempat.


Naah itulah 5 permainan era 90,an yang kerap ada selama awal puasa dan sampai lebaran tiba. Meski tidak sehebat era sekarang akan tetapi terkadang permainan seperti itu bisa bikin kangen lhoo dan serasa ingin bernostalgia ke era 90,an.??????

Bagi anda yang merasa mengalami era 90,an dan punya permainan berbeda mungkin bisa mengomentarinya di kolom komentar dibawah ini.



~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~



Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post

close